Amalan yang mendekatkan ke surga


Suatu hari Muaz Bin Jabal ra datang kepada Rasulullah dan beliau bertanya, ya Rasulullah beritahu aku amalan yang dapat memasukan aku ke surga dan menjauhkan aku dari neraka. Rasulullah menjawab engkau bertanya sesuatu yang besar. Akan tetapi akan mudah bagi siapa saja yang Allah mudahkan. Amalan itu adalah :

  1. beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya
  2. mendirikan sholat
  3. membayarkan zakat
  4. puasa di bulan ramadhan
  5. menuanaikan ibadah haji

setelah itu Rasulullah bertanya kepada muaz bin jabal ra, inginkah aku kasih tahu tentang pintu-pintu surga ?

  1. puasa adalah perisai
  2. shadaqah akan mematikan kesalahan seperti air mematikan api
  3. dan sholat seseorang ditengah malam

kemudian Rasulullah melanjutkan sabdanya, aku beritahu kalian pokok dari segala perkara, tiang dan puncaknya :

  1. pokok perkara adalah islam
  2. tiangnya adalah sholat
  3. puncaknya adalah jihad

kemudian Rasulullah mengingatkan kita, jika kita ingin memiliki semuanya maka jagalah lisan kita.

Tinggalkan Balasan

