Ibu


Tanggal 22 desember di kenal dengan hari ibu. Ibu adalah sosok wanita yang padanya diharapkan akan melahirkan manusia-manusia mulia yang punya integritas pada agama dan bangsanya. Banyak hadits atau perkataan ulama yang menjelaskan keutamaan seorang ibu, seperti,”surga berada ditelapak kaki ibu’.ibu adalah sekolah pertama bagi putra dan putrinya”.
Bahkan hadits yang sangat terkenal sekali, ketika ditanya oleh sahabat siapakah yang harus dimuliakan pertama kali didunia, beliau menjawabnya ibu, kemudian siapa lagi ya Rasul, Rasul menjawab ibu, kemudian siapa lagi ya Rasul, Rasul menjawab ibu, kemudian siapa lagi ya Rasul, baru Rasul menjawabnya bapak mu, penyebutan ibu tiga kali lebih banyak dari bapak.
Lalu mengapa ibu mendapatkan penghormatan seperti itu. Jawabannya adalah 4M, yaitu :
1. Ibulah yang mengandung,keadaan ini seperti digambarkan Allah dalam surat lukman ayat 14, mengandung bukanlah hal yang mudah tapi keadaan yang penuh dengan perjuangan, dan seorang ibu tidak pernah menyesalinya, tapi justru sebuah kebanggaan apabila bisa hamil.
2. Ibu yang melahirkan, keadaan melahirkan adalah keadan yang luar biasa penuh perjuangan dan taruhannya adalah nyawa, sampai-sampai Rasulullah bersabda seorang ibu yang melahirkan, kemudian dia ditaqdirkan meninggal maka balasannya adalah surga.
3. Ibulah yang menyusui, Menyusui menciptakan ikatan yang kuat antara ibu dan anak. Anak merasa memiliki tempat yang aman. Menyusui juga berperan penting dalam perkembangan emosional dan spiritual anak.
4. Ibulah yang mendidik pertama kali bagi putra dan putrinya, dia yang mengajarkan berbicara, dia yang mengajarkan dia berjalan, dia yang mengajarkan tatkrama dll.
Pekerjaan 4M diatas tidak bisa dilakukan oleh seorang ayah, hanya ibu yang bisa melakukannya, maka kemudia pepatah mengatakan anak yang hebat lahir dari seorang ibu yang hebat.
Simaklah kisah ini ketika suatu hari seorang pemuda beribadah umrah dengan ibunya yang sudah tidak berjalan, maka kemdian pemuda ini melakukan ibadah tawaf dan sa’I sambil menggendong ibunya.setelah itu dia datang kepada Rasulullah sambil mencritakan perihal ibadahnya itu, kemudian dia bertana ya Rasulullah sudahkan ibadah yang aku lakukan tadi bisa membalas kebaikan ibu kepada aku, Rasulullah menjawab belum.
Begitu penasarannya pemuda itu melakukan tawaf dan sa’I sebanyak tiga kali sambil menggendong ibunya, dan datang lagi kepada Rasulullah, sambil menceritakan erihal ibadahnya itu, dan Rasulullahpun menjawab dengan hal yang sama, sambil kemudia Beliau mengatakan sebanyak apapun kebaikan yang dilakukan oleh anak kepada ibunya, tidak akan pernah bisa membalas kebaikan ibu kepadanya.
Selamat hari ibu, semoga kita menjadi anak yang bisa membanggakan ibu di dunia dan nanti di hadapan Allah SWT, ammin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s