Pendidikan berkarakter


Pendidikan adalah usaha sadar dalam mewujudkan manusia yang utuh, yaitu manusia yang mengetahui darimana dia berasal, untuk apa dia diciptakan, dan akan kemana dia kembali.
Pendidikan yang ada sekarang belum bisa menjawab perihal di atas, terbukti denganmasih banyaknya perilaku negative yang dilakukan para pelajar, mahasiswa, dan para pejabat bangsa ini.
Olek karenanya pada saat ini masyarakat kembali di ingatkan dengan kurikulum berkarakter, yang isinya adalah nilai-nilai positif yang ingin dimiliki siswa sebagai hasil dari kegiatan siswa di kelas.
Setelah siswa belajar mereka diharapkan mempunyai karakter seperti berikut :
1. Religius, yaitu manusia yang paham bahwa dirinya adalah manusia yang sepenuhnya bergantung kepada Allah SWT, tidak ada yang terjadi pada dirinya kecuali atas pengetahuan Allah. Manusia seperti ini akan senantiasa melakukan aktifitas atas dasar Allah, dalam bahasa agama disebut dengan ikhlas.Sehingga setelah mereka bekerja, maka kerjanya bukan untuk materi tapi untuk Allah SWT.
2. Jujur, manusia yang senantiasa melakukan aktifitas didasarkan atas kejujuran, tidak berani berbohong,karena ketika sekali berbohong akan diikuti dengan kebohongan yang lain.
3. Toleransi, adalah manusia yang senantiasa berani untuk berbeda dan menerima perbedaan itu dengan baik.dia akan menghormati orang yang berbeda dengan dirinya.
4. Disiplin, manusia yang mampu menghargai waktu, manusia yang mampu memaksimalkan dirinya dalam mengerjakan semua urusan, dia selalu berprinsif “jika telah selesai urusan yang lain, segera laksanakan urusan yang berikutnya”.
5. Kerja keras, adalah manusia yang mempunyai etos kerja yang tinggi, karena dia yakin setiap pekerjaannya adalah ibadah, oleh karenanya tidak ada kamus malas dalam dirinya.
6. Kreatif, manusia yang mampu memaksimalkan kemampuanya , senantiasa punya ide-ide baru dan terus berkreasi.
7. Mandiri, manusia yang tidak bergantung pada orang lain, mampu mengatur hidupnya dan tidak pernah mengeluh.
8. Demokrasi, manusia yang selalu terbuka dalam menerima perbedaan, karena sesungguhnya fitrahnya adalah kita diciptakan berbeda.
9. Rasa ingin tahu, adalah manusia yang tidak puas dengan apa yang sudah diketahui, dia akan terus belajar dan belajar.
10. Semangat kebangsaan
11. Cinta tanah air
12. Menghargai prestasi
13. Bersahabat
14. Cinta damai
15. Gemar membaca
16. Peduli lingkungan
17. Peduli social
18. Tanggung jawab

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s