Memaknai akhlak kepada Allah


Hari ini seperti hari-hari sebelumnya saya masuk kelas selama 25 menit mengisi materi tentang akhlak kepada Allah dikelas x. Ketika saya bertanya contoh akhlak kepada Allah mereka menyebutkan sholat. Ketika saya tanya siapa yang masih suka bolong sholatnya, hampir semua anak mengacungkan tangan yang artinya mereka masih suka meninggalkan sholat tersebut.

Saya sangat sedih melihat kenyataan ini, anak kelas x sudah barang tentu mereka sudah baligh aqil sehingga sholat itu adalah kewajiban yang harus mereka laksanakan, tapi ternyata sholat itu belum menjadi darah daging mereka.

Tapi dalam satu sisi saya bangga atas kejujuran mereka berterus bahwa mereka masih belum istiqomah dengan sholat lima waktu. Praktek ibadah adalah hasil dari pembiasaan ketika mereka masih kecil, oleh karena itu orang tua dirumah jangan pernah bosan terus mengingatkan putra dan putrinya untuk melaksanakan kewajiban itu, yang pada akhirnya mereka akan merasakan sholat itu bukan kewajiban tapi juga kebutuhan.

Akhirnya penulis menjelaskan kepada mereka tentang manfaat sholat ini, sebagaimana ditanyakan sahabat kepada Rasulullah. Ya Rasulullah apa hikmah sholat lima waktu bagi kami. Rasulullah menjawab secara diplomatis, bagaimana kalau kamu punya rumah didepannya ada sungai dan kamu mandi sebanyak lima kali dalam sehari semalam. Sahabat menjawab pasti tubuh kami bersi ya Rasulullah. maka rasulullah menjawab seperti itulah manfaat sholat lima waktu bagi kita.

Dalam hadits Rasulullah menjelaskan sholat itu menjadi kaparat terhadap dosa-dosa yang kita lakukan, sholat fardhu yang satu menjadi keparat terhadap dosa yang kita lakukan dengan fardhu yang lainnya.

Dalam segi kesehatan sholat mempunyai pengaruh yang luar biasa bagi tubuh kita, sebagaimana yang disampaikan ustad abu sangkan dalam bukunya pelatihan sholat khusu.

Dari segi sosial apabila kita sholat berjamaah sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah, maka sholat itu akan membentuk kita menjadi makhluk sosial yang baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s