Karakter Ummat Nabi Muhammad SAW


Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu Lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud[1406]. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, Yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya Maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah Dia dan tegak Lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.(Al-Fath ayat 29 )
Berdasarkan ayat ini karakter ummat nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut :
1.Sangat keras kepada orang kafir
Keras bukan anarkis akan tetapi mantap dalam aqidah dan ibadah. Jangan sampai ummat Islam memounyai prinsip “semua agama sama”, agama tidak sama satu dengan yang lainnya punya konsep yang berbeda. Dan kita ummat Islam jelas berprinsip Islam agama yang paling benar sebagai mana firman Allah dalam beberapa ayat Al-Qur’an salah satunya adalah surat al-maidah ayat 3
2.Saling berkasih sayang satu dengan yang lain. Ummat islam pada saat ini, berani membuka aib saudaranya karena kekuasaan, kekayaan, kehormatan dan lain sebagainya. Ummat islam seharusnya seperti satu bangunan yang saling mengkokohkan.
3.Rajin beribadah dan istiqomah dengan ibadahnya semata-mata mencari ridho Allah SWT. Jangan sampai ibadah kita di bumbui dengan riya, karena akan rusak amal perbuatan kita.
4.Mempunyai akhlak yang baik, sebagai buah dari ibadah yang baik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s