My Mother is My Hero


Aku di lahirkan di sebuah desa pinggiran sukabumi, tepatnya di daerah perkebunan the goalpara. Ibu ku mempunyai 9 orang anak, ketika kaka pertama dan kedua menikah, ayah meninggal dunia. Otomatis ibu menghidupi tujuh orang anak yang sebagian besar masih kecil. Aku saja baru berumur dua tahun saat itu, dan jarak kami tidak jauh ada yang satu tahun paling jauh dua tahun.

Ibu menghidupi kami dengan bekerja sebagai pemetik teh di perkebunan goalpara, yang tentunya hasilnya tidak seberapa. Sehingga hampir semua kakaku tidak bisa tamat SD, karena keterbatasan materi, dan mereka menikah di waktu usia muda. Tapi Alhamdulillah pernikahan mereka langgeng sampai saat ini.

Alhamdulillah aku bisa sekolah sampai dengan Madrsaha Aliyah setingkat SMA, sambil nyantri di Pondok Pesantren Darul Muta’alimin di Sukabumi, itu juga berkat perjuangan ibu, yang berjuang keras supaya aku bisa menyelesaikan pendidikan tingkat SMA itu. Dimana dikampung kami pada saat itu jarang orang tua yang ingin anaknya sekolah, kalau sudah dewasa biasanya mereka mengajak anaknya bertani, dan kalau sudah menghasilkan uang itu kebahagian mereka pada saat itu.

Aku tidak tahu apa yang ada dibenak ibu pada saat itu sehingga aku harus sekolah, tapi yang aku tahu sekarang adalah, begitu penting pendidikan bagi kita semua. Ibu seorang wanita desa rupanya sangat paham begitu pentingnya pendidikan bagi anaknya. Kalau Dia tidak bisa menyekolahkan ank-anak yang lain bukan berarti ia tidak paham tentang pentingnya pendidikan tapi lebih karena tidak punya dana yang ibu miliki.

Terimaksih Ibu, semoga Allah membalas jasa-jasamu. Dan terimakasih untuk isteriku yang menjadi ibu dari anak-anak ku. Juga untuk seluruh ibu di dunia, terimakasih semuanya.


 

Tinggalkan Balasan

