Marhaban Ya Ramadhan


Marhaban Ya Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh ummat Islam, karena bulan ini adalah bulan yang dipenuhi dengan berbagai macam keberkahan. Tapi tidak sedikit orang yang apabila dia sudah sampai kepada bulan Ramadhan, bingung apa yang harus dikerjakannya. Sehingga tidak sedikit orang yang hidup dibulan Ramadhan tapi tidak dapat mengambil hikmah apapun didalammnya.

Apa yang seharusnya kaum muslimin kerjakan supaya dapat mengambil hikmah dibulan Ramadhan, dan tidak sia-sia hidupnya dibulan ini. Ada beberapa hal yang seharusnya kita kerjakan supaya hidup di bulan ini lebih bermakna :

  1. Rasulullah mengajarkan do’a kepada kita dimulai dari bulan Raja yaitu “Allahumma bariklanaa fi rajaba, wa sya’bana wabalignaa ramadhan”, ya Allah berikan kami keberkahan bulan rajab, sya’ban dan sampaikanlah kami kepada bulan ramadhan.
  2. Memperbanyak pujian dan rasa syukur kepada Allah, karena kenikamatan yang besar bagi seorang muslim, tidak terletak pada jabatan, kekayaan, maupun bentuk fasilitas lainnya, tapi kenikmatan yang sesungguhnya Allah berikan adalah ketika kita bisa melaksanatan ketaatan kepadaNYA.
  3. Kembali mempelajari hukum-hukum ibadah di bulan suci ramadhan, karena Rasulullah bersabda ibadah yang tidak sesuai dengan ajaran beliau tidak akan diterima. Ibnu Khiban menjelaskan lebih lanjut “ Wakulluman bighairi ilmi ya’malu a’maluhu mardudatun la tuqbalu “, siapa orang yang beramal tanpa ilmu maka amalnya ditolak tidak diterima oleh Allah SWT.
  4. Lakukan halal bihalal sekarang sebelum ramadhan, bukan setelah ramadhan. Harapannya adalah dosa kita dengan sesama manusia sudah bersih, di bulan ramadhan kita khususkan bertaubat kepada Allah SWT. Sehingga I’dul fitri tiba kita betul-betul termasuk orang yang “MINAL A’IDZIN WAL FAIZIN”.
  5. AKHIRNYA SAYA MENGUCAPKAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA KEPADA SELURUH KOMPASANER YANG MUSLIM, MARHABAN YA RAMADHAN.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s