IBADAH HAJI DAN IBADAH QURBAN


Setelah Ramadhan selesai sekarang ummat Islam sedang bersiap-siap menghadapi ibadah haji dan ibadah qurban. Ibadah haji dan ibadah qurban adalah dua ibadah yang saling berkaitan dan merupakan ibadah yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS dan dilanjutkan oleh Nabi Muhammad SAW, kemudian oleh Allah di syari’atkan kepada ummat Islam.

Ibadah haji adalah ibadah yang sudah ada sejak Nabi Adam AS, ini menurut pendapat mayoritas ulama, bentuknya bagaimana ini yang menjadi perdebatan, tapi semua sepakat ibadah haji itu telah Allah wajibkan kepada semua Nabi seperti ibadah yang lainnya.

Ibadah ini membutuhkan kekuatan fisik dan finansial, yang sangat kuat terutama untuk ummat islam yang negaranya jauh dari mekkah. Karena ibadah haji hanya boleh dilakukan di mekkah. Oleh karenanya hanya orang yang mempunyai keimanan yang kuatlah yang mau mengorbankan hartanmya untuk ibadah ini.

Ibadah ini juga harus didukung fisik yang kuat, karena hampir semua manasiknya memerlukan fisik yang kuat dari mulai thawaf, sai, jumroh, wukuf dan lainnya. Maka diharapkan bagi kita yang jauh dari mekkah di harapkan ibadah ini bisa dilakukan bagi mereka yang relatif masih muda, maka ketika ada peraturan usia 60 tahun sebenarnya untuk mengantisifasi ini. supaya ibadah ini bisa dilakukan dengan khusu dan tawadhu.

Ibadah qurban pun demikian, ibadah ini memerlukan modal yang kuat. Maka hanya mereka yang mempunyai iman yang kuatlah yang mampu melaksanakan ibadah ini.

Ibadah ini dapat kita lihat penjelasannya dalan surat Ashofat ayat 100 sampai dengan 119, yaitu ketika Nabi Ibrahim menjelaskan tentang mimpinya kepada putra tercintanya Ismail. bersambung

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s