BUAH DARI RAMADHAN


Tujuan Ramadhan adalah membuahkan manusia-manusia yang bertaqwa sebagaimana Allah firmankan dalam surat Al-Baqarah ayat 183.Taqwa dibangun dari dua hal yaitu:

  1. Iman
  2. Amal Shaleh

Allah menginginkan kita menjadi orang-orang yang imannya kuat,tahan banting,tak kenal patah arang,selalu yazid (bertambah).Dimanapun kita tinggal,siapapun kita,apapun kedudukan kita maka iman selalu ada dalam dada,karena ia pengontrol jiwa yang sedang gelisah,ia pengontrol hati yamg sedang sedih dan ia pelipur lara raga yang gundah.

Iman tanpa amal saleh akan terasa hampa karena iman itu abstrak,maka untuk mengkongkritkannya adalah amal shaleh.

Kesalehan yang diharapkan dari madrasah ramadhan adalah tiga kesalehan yaitu :

  1. Kesalehan individu, Allah mengharapkan kita bukan hanya rajin qiyamul lail di bulan ramadhan, tapi Allah juga menginginkan kita rajin dibulan lain. Allah menginginkan kita rajin puasa bukan hanya dibulan ramadhan tapi juga dibulan lail, maka disitulah ada puasa sunnah.
  2. Kesalehan sosial, Allah menginginkan kita bukan hanya dibulan ramadhan rajin berinfak itu tapi juga di bulan lain.Boleh jadi gempa yang bertubi-tubi itu adalah Allah mengetuk hati kita supaya kita mau peduli kepada sesama.
  3. Kesalehan Propesi, Allah menginginkan kita saleh secara propesi, karena perlu kita ingat taqwa itu tidak memandang tempat.Yakinlah apapun propesi kita ketika kita memberikan kemudahan kepada orang lain maka itu pahala yang luar biasa dihadapan Allah.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s